Home » , , , » Cara Membuat Motor Tahan Air dan Tidak Mogok Karena Banjir

Cara Membuat Motor Tahan Air dan Tidak Mogok Karena Banjir

Posted by OTO SPORT MANIAK on Senin, 02 Februari 2015

Air yang berhasil masuk kedalam sela-sela cop busi dapat mengakibatkan mesin tiba-tiba mogok alias mati mendadak. Hal ini sering terjadi saat motor melewati genangan air yang cukup tingi hingga menenggelamkan sebagian mesin motor. Tentunya kejadian seperti itu tidaklah diinginkan oleh setiap pengendara sepeda motor terlebih yang sedang melakukan perjalanan cukup jauh. Jika melewati genangan air atau area banjir adalah momok bagi sebagian besar orang, maka kali ini ada tips mudah untuk mengantisipasi terjadinya mogok pada mesin karena terganggunya sistem pengapian motor secara tiba-tiba saat melewati genangan air atau melintasi area jalan yang terkena banjir.



Hal yang sering mengakibatkan matinya mesin motor atau mogok biasanya disebabkan oleh kebocoran cop busi. Air yang berhasil menerobos ke sambungan antara busi dan kabel coil, dalam hal ini adalah cop busi yang berperan sebagai pelindung sambungan tersebut tidak mampu mengamankan sambungan tersebut dari masuknya air kedalam sambungan hingga mengakibatkan aliran listrik tegangan tinggi yang seharusnya 100% mengalir dari kabel coil menuju busi menjadi berbelok kearah lain pada bodi mesin. Secara singkatnya air yang berhasil masuk menerobos kedalam sambungan cop busi menjadi induktor atau penghantar suplai arus listrik yang seharusnya ke busi malah berbelok ke bodi mesin. Sobat yang semestinya tengah menikmati perjalanan pun akan terganggu karenanya, dan terpaksa deh.. sobat harus turun dan mendorong motor menuju bengkel terdekat, bukannya cepat sampai tujuan tetapi malah dapat bonus "capek de...h".

Nah guna mengantisipasi hal tersebut seperti diatas berikut adalah tips sederhana sebagai tindakan pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan". Tindakan yang perlu dilakukan-pun cukup mudah, yaitu anda cukup mengganti cop busi anda dengan jenis cop busi motor matic. Ukuran cop busi yang lebih panjang dan karet pelindung yang lebih kedap air dan rapat pada cop busi motor metic akan membuat sambungan busi dan kabel coil lebih rapat dan aman terhadap resapan air dari luar saat kabel busi terendam air sekalipun.







Untuk cop busi metic, sobat bisa aplikasikan dari cop busi milik Yamaha Mio, cop busi milik yamaha mio ini bisa diaplikasikan untuk motor yang sering melalui jalan-jalan yang yang banyak genangan airnya atau lebih ekstrim lagi sering melalui jalanan yang banjir. Disamping mudah dalam pemasangannya, harga untuk sebuah cop busi ori yamaha mio hanya dibandrol sekitar Rp. 49.000. Dengan demikian sistem pengapian motor diharapkan lebih tahan terhadap air.

Demikian tadi sedikit tips tentang bagaimana caranya membuat motor tahan air dan tidak mudah mogok saat terjebak banjir. Semoga tips diatasdapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian khusunya buat yang sering menghadapi rute jalan endemik banjir. Terimakasih banyak telah mengunjungi blog ini dan menyempatkan diri untuk membaca artikel-artikel menarik di blog ini.


1 komentar:

INFO MOTOR TERBARU

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}