Home » , , » Lampu Led Motor - Tambah Terang Dengan Lampu Led Motor

Lampu Led Motor - Tambah Terang Dengan Lampu Led Motor

Posted by OTO SPORT MANIAK on Selasa, 10 Februari 2015

Lampu Led Motor Motor - Sebelum perkembangan teknologi sepeda motor yang pesat seperti saat ini, Lampu penerangan utama pada sepeda motor masih menggunakan bohlam jenis pijar, Halogen atau paling banter jenis HID atau kepanjangannya High Intensity Discharge. Pada waktu sekarang ini perkembangan Lampu Led sudah merambah pemakaian pada mobil hingga pada sepeda motor, pada sepeda motor sendiri salah satunya adalah yang sekarang sudah diterapkan pada salah satu produk sepedamotor dari pabrikan honda yang ada di Indonesia yaitu honda vario 110 fi terbaru.

Pada mulanyan lampu LED hanya digunakan sebagai lampu accessories dan variasi pada peseda motor, hingga akhirnya banyak produsen accessories kelistrikan motor mulai menawarkan produk-produk berupa Led Motor Motor sebagai lampu penerangan Utama.



Teknologi LED sebenarnya sudah ditemukan dan dipakai sejak lama, namun pada penggunaannya lebih banyak dipaka sebagai lampu indikator saja, yang banyak diaplikasikan pada perangkat-perangkat elektronika. Misalnya Perngkat elektronika rumah tangga seperti hanya pada pesawat radio, pesawat TV, perangkat komputer, laptop dan aneka perabot elektronik rumah tangga yang lainnya.

Mengenal Lampu Lampu Led Motor Motor


Lampu LED (Light Emitting Diode) sebenarnya berdasarkan jenisnya, sudah banyak jenis yang telah beredar di pasaran. Yaitu, Lampu Led Motor Motor Konvensional, Lampu Led Motor Motor COB (Chip On Board), Lampu Led Motor Motor SMD, Lampu Led Motor Motor Luxeon, Lampu Led Motor Motor Superflux, Lampu Led Motor Motor Cree dan masih ada lagi tipe yang lainnya. Sementara Lampu Led Motor Motor yang biasa diaplikasikan pada headlamp, adala tipe jenis Lampu Led Motor Motor COB. Pada Lampu Led Motor Motor yang diterapkan pada headlamp, seringnya ada 3 buah LED  jenis COB yang dipakai di dalam rangkaian headlamp tersebut, dan masing-masing LED tersebut mempunyai daya 5 watt. Apabila lampu utama dinyalakan pada posisi lampu low, LED yang menyala hanya ada 2 LED ,yaitu sisi atas. Artinya, hanya menyedot listrik 10 watt saja. Namun, apabila lampu dalam posisi high alias lampu jauh, LED menyala semua di ketiga sisinya. Artinya, Lampu Led Motor ini hanya membutuhkan maksimal 15 watt saja dalam pengaplikasiannya. Beda dong dengan hallogen.



Bila dibandingkan dengan lampu headlamp konvensional yang masih menggunakan bohlam pijar, Lampu Led Motor ini jauh lebih irit. Dan, cahaya yang dihasilkan pun jauh lebih terang dibandingkan dengan cahaya bohlam pijar. Sebagai contoh sederhana adalah lampu senter yang bisa di cas..pasti sudah menggunakan Lampu Led Motor, dan awetnya minta ampun. Selain itu  Lampu Led Motor Motor sendiri juga lebih tahan terhadap benturan, yang tentunya hal ini berbeda dengan lampu penerangan motor tipe konvensional atau jenis bohlam pijar.




Dan pastinya jika lampu jenis LED ini diaplikasikan di headlamp motor, pastinya akan awet banget, selain tahan terhadap goncangan, memakai lampu ini jelas tambah terang cahayanya dan jarak tembaknya pun lebih jauh dan lebih fokus, bahkan bisa tembus dikala hujan lebat sekalipun.

Kelebihan dari Lampu Led Motor ini, selain konsumsi daya yang lebih irit, daya tahan lampu ini pun cukup lama. Mencapai 30.000 jam, artinya jika kita memakai motor sehari 3 jam menyala, maka setidaknya dalam kurun waktu 27 tahun baru minta ganti lampu, sangat irit ya? wah seumur hidup gak pernah ganti lampu, bosan dong?



Dan kelebihan lain yaitu intensitas cahaya yang lebih baik dibanding dengan bohlam biasa tentunya, bahkan bohlam halogen sekalipun. Cara pasangnya juga mudah. Juga tidak memerlukan komponen tambahan seperti ballast. Namun, tentu saja Lampu Led Motor ini juga tidak luput dari kekurangan. Antara lain, Lampu Led Motor ini

menghasilkan panas yang tinggi juga jika dipakai untuk jangka waktu yang lama. Makanya, di Lampu Led Motor ini disertakan pendingin atau kipas tambahan sebagai pengendali suhu Lampu Led Motor tersebut, dan sistem  kelistrikan motor pun harus stabil demi menjaga keawetan dari Lampu Led Motor ini.

Meskipun Lampu Led Motor ini masih memiliki beberapa kelemahan, namun jika mempertimbangkan kelebihan yang dimiliki oleh Lampu Led Motor ini, membuat lampu ini layak untuk dipertimbangkan. Dengan Lampu Led Motor ini kita hanya membutuhkan sedikit ruang pada reflektor headlamp jika dibanding dengan menggunakan lampu jenis lama.



Dengan tidak lama lagi pasti Pabrikan sepeda motor yang lain juga akan mulai menerapkan lampu headlamp yang sebelunya masih menggunakan tipe lama akan mereka gantikan dengan jenis lampu LED. Hal ini dikarenakan efisiensi yang dimiliki oleh Lampu Led Motor lebih menguntungkan dari sisi penggunaan listrik sepeda motor yang bersumber dari batre (aki). Dengan demikian usia batre atau aki pada sepeda motor pun akan semakin panjang.

Kelebihan Yang Dimiliki Lampu Led Motor Motor


Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa kelebihan Lampu Led Motor dibanding lampu pijar (bohlam) adalah lebih awet, dan tentunya lebih terang dan irit dalam penggunaan listrik dari aki. Dan sudah barang tentu semua orang menghendaki aki motornya juga awet kan? Terlebih lagi pada sepedamotor dengan sistem injeksi, karen apada sepeda motor dengan sistem injeksi konsumsi daya listrik dari batre adalah lebih besar. Mungkin untuk saat ini yang masih menjadi persoalan adalah masalah harga dari Lampu Led Motor yang cukup mahal. Misalnya saja, untuk Lampu Led Motor vario110 fi, dibandrol dengan harga 750 ribu-an untuk satu set’nya. waduh! mahal amait ya?



Meskipun Lampu Led Motor ini berharga lebih lebih mahal dari lampu motor jenis lama, akan tetapi lampu led motor ini mempunyai kelebihan dari segi konsumsi listrik yang sangat irit, artinya aki jadi lebih panjang usianya. Yah itulah tadi sekedar informasi tentang Lampu Led Motor, umtuk keputusan tetap menggunakan atau mengganti lampu jenis yang lama dengan lampu jenis LED, itu semua tergantung pada pilihan kita masing-masing saja. Selebihnya semoga artikel ini dapa bermanfaat sebagai sumber informasi bagi para pembaca semua.

Trimakasih banyak atas kunjungannya sekian dulu dan wassalam...!


1 komentar:

  1. wah foto kumpulan lampu led banyak macamnya jadi tinggal colok , yang pake kipas kayaknya terlalu ribet dan mahal toh gak seperti lampu rumah panasnya , jadi pilih yang model bohlam aja bro tinggal colok colok aja

    BalasHapus

INFO MOTOR TERBARU

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}