Home » , , » Perawatan Sepeda Motor Metic Saat Musim Hujan dan Banjir

Perawatan Sepeda Motor Metic Saat Musim Hujan dan Banjir

Posted by OTO SPORT MANIAK on Rabu, 04 Februari 2015

Perawatan Sepeda Motor Metic - Meskipun musim hujan telah tiba, namun yang namanya kerja harus tetap kerja. hujan yang turun terkadang menyebabkan terjadinya banjir dan mengakibatkan banyak genangan pada jalan. untuk daerah dengan ketinggian yang bebas dari banjir, mungkin hal ini tidak terlalu menjadi hal yang menyusahkan pengendara motor. Namun bagi penduduk dikota - kota besar yang sering terkena banjir seperti jakarta misalnya, hal ini sudah pasti menjadi hal yang cukup membuat para penegendara motor harus extra dalam mengerahkan segenap tenaga dan konsentrasi dimusim penghujan. Tidak jarang dengan terpaksa pengendara motor harus menerjang genangan air akibat banjir demi menuju tempat kerja masing-masing. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh secara langsung terhadap kondisi sepeda motor tunggangan yang dipakai setiap hari untuk beraktifitas.



Tips Perawatan Sepeda Motor Metic dimusim Hujan


Karena sepeda motor sering dipaksa menerobos genangan air yang dalam hingga tidak jarang merendam mesin motor itu sendiri, maka efeknya beberpa komponen pada sepeda motor akan cepat mengalami kerusakan karena air. Khususnya pengguna sepeda motor metic dalam waktu dekat akan merasakan efeknya. yakni terutama yang sering terjadi adalah kerusakan pada komponen CVT. Dari hal tersebut mungkin bebrapa pengendara sepedamotor khusunya sepeda motor metic akan bertanya, lalu bagaimana cara antisipasi dan bagaimana pula cara mengatasinya. Nah kebetulan kali ini akan sedikit dibahas beberapa tips berkaitan dengan hal tersebut khusunya untuk pengguna sepeda motor metic, maka ikuti terus kelanjutan bacaannya ya! Berikut ulasannya setelah yang satu ini.

kondisi cuaca yang musim hujan seringkali menjadi kendala bagi pengendara sepedamotor karena seringnya turun hujan yang di akhiri dengan bebrapa banjir dijalan yang harus dilalui, Hal ini biasa mengakibatkan terhambatnya aktivitas para pengguna jalan, yang dikarenakan banyaknya genangan air yang mengganggu perjalanan, efeknya banyak kendaraan bermotor sering mogok dijalan, terlebih kendaraan sepeda motor. Oleh karenanya mau tidak mau diperlukanlah perawatan pada sepda motor dikala musim hujan secara lebih intensif terlebih lagi untuk sepeda motor matik.



Komponen utama pada sepeda motor metic yang harus diperhatikan disini adalah berupa CVT (Continous Variable Transmission). Secara kasat mata memang komponen CVT pada sepeda motor metic terlindung dan tertutup rapat. Akan tetapi jika lintasan air yang dilalui motor mencapai ketinggian antara 20 s/d 70cm maka bak CVT masih dapat kemasukan air dan secara otomatis komponen CVT didalamnya akan terkena air secara langsung. Sangat disarankan jika dirasa komponen CVT kemasukan air dan mengakibatkan mogoknya motor maka sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin sepeda motor, langkahnya yaitu buang terlebih dulu air yang masuk kedalam bak CVT tersebut.

Disaat motor matik mogok dikarenakan terendam oleh air, maka jangan terburu-buru menyalakan mesin motor, kecuali juka motor sudah berada di tempat yang cukup aman. Maka pertama-tama bukalah bagian CVT lalu keluarkan air didalamnya. Alasan kenapa disarankan untuk tidak langsung menyalakan mesin sepeda motor metic saat motor mati karena terendam air adalah, Jika mesin motor dipaksa untuk langsung dinyalakan kembali maka akibatnya adalah cepatnya kerusakan yang akan terjadi pada komponen CVT.



Dan hal kedua ini adalah yang paling penting, yaitu apabila sepeda motor sering digunakan untuk  menerabas genangan air sebaiknya segera lakuka pengecekan pada oli mesin, jika oli mesin mengalami perubahan warna menjadi agak putih ada kemungkinan oli telah tercampur dengan air maka hal ini akan sangat mengancam kesehatan mesin. maka yang harus dilakukan adalah tindakan pengurasan oli mesin. Jika penggantian oli dilakukan di bengkel sepeda motor, maka mintalah sang mekanik sepeda motor untuk memastikan jangan sampai ada sisa-sisa air dalam bak mesin. Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan terhadap busi sekalian bersihkan busi bila dirasa kotor. Dan saya rasa sang mekanik pasti juga sudah tahu apa yang seharusnya dilakukan ketika anda telah mempercayakan motor anda kepada mekanik sepeda motor.

Hal selanjutnya yang haraus dilakukan adalah membersihkan saringan udara sepeda motor metic, Secara teknis hal ini guna mengantisipasi supaya tidak terdapat debu maupun kotoran. Ha ini sangat beralasan sebab debu bisa semakin keras saat terkena suhu dingin ketika terkena air.








komponen seperti filter udara adalah salah satu bagian motor yang penting untuk di perhatikan kebersihannya, karena komponen ini sangat erat hubungannya dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Disarankan bagi pengguna motor metic yang sering menerobos genangan air tinggi supaya membersihkan filter udara motor tiap dalam dua minggu atau kurang lebih setengah bulan sekali, namun bila dirasa ada sesuatu yang tidak beres pada mesin setelah motor diajak menerobos genangan air maka segera berikan pertolongan pada sepeda motor anda. Bisa dengan dilarikan ke bengkel motor terdekat. namun selebihnya hal ini merupakan saran saja, bisa dilakukan atau tidak itu tergantung pemilik motor sendiri.

Nah demikian tadi sedikit informasi mengenai tips perawatan sepeda motor metic disaat musim hujan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Sekian dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.


0 komentar:

Posting Komentar

INFO MOTOR TERBARU

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}