Home » , , , » Yamaha Mio - Cara mengatasi Masalah Lampu Redup Pada Sepeda Motor Yamaha Mio

Yamaha Mio - Cara mengatasi Masalah Lampu Redup Pada Sepeda Motor Yamaha Mio

Posted by OTO SPORT MANIAK on Rabu, 18 Februari 2015

Yamaha Mio sporty adalah salah satu tunggangan kesayangan saya nomor dua setelah tunggangan saya yang pertama yaitu sebuah sepeda ontel. Dimana sepeda gunung selalu menemani hari-hari saya saat berangkat dan pulang kerja, alasan kenapa saya lebih menyukai menggunakan sepeda gunung ketimbang menggunakan sepeda motor yamaha mio milik saya adalah yang pertama badan saya lebih sehat. Karena dengan menaiki sepeda gunung ketika kerja pulang pergi otomatis saya telah berolahraga, hal ini terbukti selama saya bersepeda badan saya terasa lebih bugar dan vit setiap saat, sehingga efek baik lainnya alhamdulillah saya tebih jarang sakit. Alasan kedua kenapa saya lebih memilih untuk bersepeda ketimbang menggunakan yamaha mio saya adalah, fakta bahwa bersepeda sama sekali tidak membutuhkan bensin seperti halnya kalau menggunakan sepeda motor, dan hal ini artinya adalah penghematan besar dan juga berarti saya telah ikut andil dalam gerakan menyelamatkan udara dari polusi karbon dioksida dan partikel lain yang keluar dari kenalpot berupa asap. Setidaknya dalam waktu sebulan saya harus mengeluarkan anggaran sekitar 300 ribuan guna membeli bahan bakar berupa bensin, jika saya bekerja menggunakan motor yamaha mio saya. Namun jika saya cukup bersepeda untuk bekerja, maka dana sebesar 300 ribuan dapat saya pergunakan untuk hal yang lain seperti menabung untuk rumah, atau menambah uang belanja istri saya, agar lebih disayang sama istri. Lumayan bukan?



Akan tetapi giliran saya harus keluar malam untuk berbagai keperluan, maka kurang memungkinkan apabila saya memakai sepeda gunung, secara otomatis saya akan memilih untuk menggunakan motor yamaha mio saya. Dikarenakan saat malam gelap, penerangan jalan saat berkendara sangatlah dibutuhkan, dan motor yamaha mio sudah barang tentu telah dilengkapi dengan sarana penerangan berupa lampu depan yang dapat menerangi kondisi jalan gelap disaat perjalanan malam hari. Sementara pada sepeda gunung yang biasa saya gunakan untuk berangkat bekerja tidak dilengkapi piranti penerangan. Selain itu olahraga diluar saat malam hari malah akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh saya, maka dari itu kendaraan pilihan saat keperluan keluar malam hari kembali lagi kepada yamaha mio.

Setelah motor dikeluarkan dari dalam rumah, dan motor yamaha mio telah distarter hingga mesin motor menyala, hal pertam yang saya raba adalah saklar lampu depan. Setelah beberapakali memfungsikan saklar lampu depan kok lampu ndak nyala ya? aduh, dengan hati mulai agak kesel dan masih tidak percaya akan apa yang terjadi. sambil jempol tangan kanan memainkan saklar lampu utama, sementara jempol tangan kiri memainkan saklar lampu jarak jauh dekat, hingga bunyi klak klik..klak...klik beberapa kali. Namun yang terjadi teta saja terjadi, lampu yang diharapkan dapat seger menyala hingga akhirnya, tidak kunjung menyala juga. Yasudah, mungkin ini adalah yang terbaik untukku malam ini, "sambil menenangkan hati", akhirnya malam itu aku batal keluar untuk sebuah keperluan yang sudah tidak aku ingat lagi apa itu. Sambil berfikir dan menyusun rencara buat esok hari akhirnya aku memutuskan untuk bersemedi, hingga pada akhirnya malah tertidur sampai pagi.

Pada keesokan harinya akhirnya aku sudah menemukan ide dan telah menyusun sebuah strategi yang jitu, yaitu sebuah ide untuk membuka komputer dan melakukan googling. Setelah bebrapa saat browsing kesana kemari akhirnya aku baru mendapat ide yang lebih cemerlang mengenai apa yang seharusnya aku lakukan pada motor yamaha mio satu-satunya yang aku miliki. Dan ide cemerlang tersebut adalah sebuah rencana perubahan yang akan saya lakukan pada sektor kelistrikan dan penerangan pada motor yamaha mio saya.

Memahami Sistem Kelistrikan Motor Yamaha Mio sporty 2009


Setelah melalui proses yang panjang dan sangat melelahkan dalam pencarian ide, pada akhirnya aku memutuskan untuk mulai melakukan action atau tindakan pada motor yamaha mio yang sedang mengalami masalah pada lampu, dan tidak mau menyala meski saklar telah di on-kan.

Pertma-tama aku perkirakan diagnosanya terlebih dahulu, secara insting aku berfikir kalau lampu tidak dapat menyala biasanya minimal ada 3 faktor penyebab, antara lain sebagai berikut:

  • Terputusnya aliran arus listrik (masalah pada jalur listrik).
  • Terjadi korsleting arus listrik (gangguan pada jalur listrik).
  • Arus listrik tidak keluar sama sekali (masalah pada sumber listrik).

Baik kita perjelas maksud saya tentang perkiraan diagnosa yang saya pikirkan.

Terputusnya aliran arus listrik ke lampu utama pada yamaha mio


Dengan memahami semua saluran arus listrik pada sepeda motor yamaha mio adalah salah satu cara agar saya dapat menentukan masalah yang kemungkinan terjadi pada jalur listrik motor yamaha mio. Berikut adalah sistem aliran arus listrik pada motor yamaha mio sporty 2009, mulai dari sumber hingga menuju lampu penerangan utama:



Demikian tadi adalah urutan aliran arus listrik mulai dari sumber hingga lampu penerangan utama pada sepeda motor yamaha mio sporty 2009 yang saya miliki. Untuk dapat menyalakan lampu utama, maka arus listrik harus keluar dan mengalir mulai dari generator listrik hinga lampu utama tanpa terputus pada tiap komponen yang dilaluinya. Misalnya dari Generator kemudian melewati Regulator hingga melewati Saklar utama dapat mengeluarkan arus listrik, tetapi lampu utama tetap tidak menyala. Maka langkah selanjutnya adalah saya harus memastikan adanya aliran arus listrik pada output Saklar jauh dekat. Dan ternyata benar sampai disini arus listrik tidak keluar dari output saklar jauh dekat yamaha mio saya, alias saklar jauh dekat motor yamaha mio saya mengalami masalah. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembongkaran saklar jauh dekat, yang mana kebetulan saklar ini letaknya ada pada holder sebelah kiri.



Setelah melakukan pembongkaran saklar jauh dekat dan melakukan pembersihan pada terminal-terminal saklar dim, pembersihan dilakukan dengan cara menggosok bagian terminal saklar yang selalu bergesekan ketika saklar di on-off-kan dengan amplas halus hingga permukaannya bersih dan rata. Kemudian saya lakukan tes pada setiap ujung kabel saklar dim ke bagian terminal didalam saklar dim menggunakan multitester, yang hasilnya semua kabel dalam keadaan baik, yang ditandai dengan bergeraknya jarum pada multitester yang bergerak penuh saat ujung kabel dan terminal pada saklar disentuhkan dengan kedua ujung kabel prob merah dan prob hitam pada alat miltitester. Langkah selanjutnya adalah merakit kembali saklar dim motor yamaha mio dan terakhir adalah melakukan pengetesan.

Hasil pengetesan membuahkan hasil yang mana arus listrik akhirnya keluar dari kabel output saklar dim. kemudian tingga melakaukan pengetesan dengan memasang lampu utama, hasilnya lampu menyala dengan terang "alhamdulillah" akhirnya masalah teratasi juga.

Jadi kesimpulannya sistem kelistrikan motor yamaha mio saya mengalami gangguan pada saklar jauh dekat karena terminal didalam saklar tersebut kotor dan mengalami korosi. Atau dapat dikatakan dalam kategory masalah Terputusnya aliran arus listrik (masalah pada jalur listrik), Yakni putusnya arus listrik yang terjadi pada saklar jauh dekat.



Disini perlu diketahuai bahwa yamaha mio sporty 2009 menggunakan sistem kelistrikan tipe AC untuk lampu penerangan. Maka untuk setiap melakukan pengetesan arus listrik yang menuju lampu utama, mesin motor harus dinyalakan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan arus listrik berasal dari generator listrik pada motor yamaha mio yang kemudian diteruskan ke regulator, baru kemudian menuju saklar dan lampu utama. Jadi arus listrik yang digunakan untuk menyalakan lampu utama bukan berasal dari Batre atau aki sepeda motor yamaha mio.

Pada ilmu bengkel sepeda motor Generator listrik adalah berupa gulungan spul dan magnit, yang mana kedua komponen tersebut umumnya berada didalam bak magnit pada sepeda motor. Kalau pada motor mio ini terletak disisi kanan mesin. Sementara pada kebanyakan motor bebek dan sport komponen ini berada disisi kiri mesin. Untuk penjelasan komponen kelistrikan pada sepeda motor yang lebih lengkap beserta cara kerja dan fungsinya, maka sobat bisa membaca artikel tentang komponen kelistrikan sepeda motor dan fungsinya. Karena kalau dijelaskan disini semuanya maka artikel akan sangat panjang pembahasannya, baca juga artikel tentang alat servis sepeda motor beserta fungsi dan cara penggunaannya.



Alhamdulillah masalah pertama sudah terselesaikan, giliran selanjutnya adalah rencana perubahan sistem kelistrikan yang akan saya lakukan pada motor yamaha mio saya, perubanah apakah itu? kasih tau ndak ya...he..he.

Sebenarnya rencana perubahan atau modifikasi pada sistem kelistrikan yang ingin saya lakukan pada motor yamaha mio saya adalah modifikasi sistem kelistrikan motor mio yang sebenarnya menggunakan sistem kelistrikan AC hendak auku rubah menjadi sistem Kelistrikan DC. Dan rencana ini sebenarnya sudah lama ingin saya lakukan, bahkan sebelum lampu utama pada motor mio saya mengalami gangguan seperti diatas tadi. Karena sudah terlanjur melakukan pembongkaran pada mio tadi untuk perbaikan lampu motor yang mati, maka saya pikir sekalian saja aku kerjakan rencanaku tentang merubah sistem kelistrikan sepeda motor AC menjadi sistem kelistrikan DC. Jika sobat ingin mengetahi tentang sistem kelistrikan pada sepeda motor maka sobat bisa membaca artikel tentang kelebihan dan kekurangan sistem kelistrikan ac dan dc pada sepeda motor, karena pada atikel tersebut juga akan dibahas tentang sistem kelistrikan pada sepeda motor.

Namun karena cukup panjangnya pembahasan tentang merubah sistem kelistrikan sepeda motor AC menjadi sistem kelistrikan DC, maka artikel ini akan saya lanjutkan pada pembahasan selanjutnya. Jika sobat ingin membaca kelanjutan dari artikel ini maka sobat bisa membaca artikel tentang Cara mengatasi masalah lampu redup pada sepeda motor yamaha mio sesi 2.


2 komentar:

  1. mohon pencerahannya suhu...lampu utama,malam,stop mio 2008 tiba2 mati.sudah di lakukan pengecekan sklar ( kanan ),socket lampu jauh dekat,lampu bolham.hasil nya okk tidak masalah tapi tetap saja lampu utama & stop tidak menyalah....

    BalasHapus
  2. Sm motor sy juga Lampunya Ga nyala dah brapa Kali d Service masih aja ky gtu ..
    Dah gtu Lampunya sering mati

    BalasHapus

INFO MOTOR TERBARU

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}